Mudik 2013

Arsip Cerita, Arsip Perjalanan Dylan

Pada postingan persiapan mudik sudah direncanakan kami bertiga akan mudik ke Tasikmalaya menggunakan kereta api. Sebelumnya saya kan bilang juga sudah tenang karena sudah pegang tiket PP. Tapiiiii ngga seru rasanya kalo ngga ada kejadian yang bikin dag dig dug der. Ceritanya tanggal 7 Agustus si Ayah mau nuker tiket ke stasiun. Ealaaaah pagi2 malah dapet sms dari tiket.com mengingatkan tiket kami untuk perjalanan dari Bandung ke Jakarta pada tanggal 7 Agustus! Whattttttt!!! Iya 7 Agustus… langsung heboh saya ngecek bukti pemesanan saya, lemes.. ternyata benar saya salah memasukkan tanggal yang seharusnya tanggal 11 malah tanggal 7.

Panik panik panik. Buru-buru buka tiket.com lagi langsung hunting tiket balik dari Bandung ke Jakarta. Alhamdulillah masih ada. Pfyuuuuh kembali tenang walaupun akhirnya kami rugi karena tiket yang salah itu terlambat untuk ditukarkan.

Perjalanan pertama dari Jakarta menuju Bandung juga hampir tidak terlaksana. Susaaaaaah sekali dapat taksi menuju Stasiun Gambir. Hampir semua armada taksi yang dipesan tidak bisa menjanjikan ketersediaan armada. Saat pengen nyerah dan putus asa Alhamdulillah datang taksi ekspress. Langsung tancap gas ngebut ke Gambir. Lancar jaya, secara jalanan hari pertama lebaran masih sepi. Nyampe Gambir buru-buru masuk sampe harus memotong antrian karena itu udah last call buat penumpang Argo Parahyangan. Begitu menginjakkan kaki di kereta, keretanya jalan. Hahaha.. sport jantung abis!

Sampai di Bandung naik becak ke Hotel Unik, lokasinya deket stasiun dan deket banget sama Kartika Sari, tetanggaan lebih tepatnya. Kami memang nginep dulu semalam di Bandung karena perjalanan dari Bandung ke Tasikmalaya menggunakan kereta pagi, sulit dan beresiko kalau pagi buta baru dari Jakarta. Hotelnya kurang memuaskan euy, kurang bersih. Moso di kamar mandinya ada kecoak dan lantainya lengket, ewwwwh.

Paginya kami jalan kaki ke stasiun. Lumayan juga jalan kaki sambil gendong Ilan dan bawa gembolan. Sepanjang jalan nyari-nyari bubur ayam ngga ada yang jual. Ilan disuapin di hotel ogah-ogahan, habis menunya opor ayam yang bersantan. Ilan kurang suka makanan bersantan. Ngga lama nunggu di stasiun keretanya datang. Kehebohan selanjutnya adalah tiba-tiba ada telpon dari Jakarta, katanya Eyang (a.k.a Umi saya) sakit dan dibawa ke RS. Whatttt?! Panik cantik dong! Via telepon koordinasi sama adik-adik yang di rumah. Prediksi saya Umi cuma salah makan dan gak perlu diopname, Alhamdulillah benar. Cuma pada lebay aja sampe dibawa ke RS segala -_-.

image

Di Stasiun Bandung

Sampe Tasikmalaya seperti pemudik lain pada umumnya kegiatan kami selama di sana diisi dengan bersilaturahim ke saudara-saudara, mengunjungi uyutnya Ilan. Ini uyutnya Ilan inspiratif banget. Di usia senja masih produktif bekerja di sawah. Oiya, kami juga sempatkan main-main ke sawah dan sungai, sayang kondisi saat itu sedang mendung jadi ngga bisa lama-lama.

image

Bertigaan di sawah, too bad langitnya lagi mendung 😦

image

Bersama uyutnya Ilan

image

Ini salah satu adiknya Bapak

Perjalanan pulang ke Jakarta terasa lebih stress free. Alhamdulillah semua lancar. Kecuali bagian kereta sempat terlambat sekitar 1 jam di Stasiun Kiaracondong. Oiya, pulangnya kami menggunakan kereta api ekonomi. Salut sama PT KAI yang terus berbenah. Kereta Api ekonomi ternyata tidak kalah nyaman dengan kelas bisnis dan eksekutif. Kalo boleh usul, kalo bisa ACnya lebih dingin lagi hehe.. Saat menuju Bandung kami sempat melihat kepadatan lalu lintas di jalan raya. Huwaaaaaw, merasa sangat bersyukur menggunakan kereta api, walau ada juga telat-telatnya tapi ngga sampe diam di tempat berjam-jam. Naik kereta api juga cucok untuk Ilan yang lagi seneng belajar jalan. Ngga kebayang kalo naik bis dan Ilan bosan. Alhamdulillah, mudik kami yang pertama ini diberi kemudahan dan kelancaran. Dan yang pasti, seru! Daaaaan, Idul Adha nanti rencananya kami ke Jepara. Wohooooo, another mudik! Eniweiiii, dokumentasi mudik kami dapat dilihat di SINI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s