Welcome!

Arsip Suka-Suka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan saya Putri, ibu dari Ilan yang sukanya manggil saya dengan sebutan Ibutata. Dulunya blog ini dibuat buat mendokumentasikan perjalanan motherhood saya, jadi isinya ya ngga jauh2 dari Ilan. Eh sekarang juga sih hahaha.

2 tahun ini hampir ngga pernah nulis lagi di sini. Ngedraf sih iya banyak, tapi ngga ada yang sampe kelar. Ujung-ujungnya nulis summary di FB. Naaah, mumpung lagi semangat sekarang ceritanya mau balik lagi nulis di sini. Semoga rajin yaaaa.

So, selamat datang di blognya Ibutata yang diisinya super  jarang kayak gerhana matahari hahaha. Semoga bermanfaat.

Sedang belajar,

Putri

Cendol Ijo Royo Royo

Arsip Dapur, Arsip Suka-Suka

wpid-picsart_1437559326030.jpg

Bahan :

1 cup tepung beras
1/2 cup tepung tapioka
3 cup air
Pewarna & perasa pandan secukupnya
Air es sepanci

Pelengkap:
Kinca: gula merah+gula pasir+pandan+nangka direbus sampai matang dan mengental
Santan: santan instan+air+sedikit garam direbus jangan sampai pecah
Es batu

Cara membuat:
Tepung beras, tepung tapioka, air dan pewarna diaduk dipanci sampai rata. Setelah itu dimasak dengan api sedang sampai mengental (lengket) dan agak mengkilat.
Adonan kemudian dicetak dengan cara ditekan di atas saringan/cetakan yang diletakkan di atas panci berisi air es.
Setelah semua adonan habis, cendol dapat disaring dan dipindahkan dari panci.

Penyajian:
Kinca, cendol dan santan dimasukkan ke dalam gelas kemudian diberi es batu.

Dylan : 13-14 Bulan

Arsip Suka-Suka

Ini bulannya titah dan coba-coba jalan. Alhamdulillah, Ilan mulai mau berjalan 3-4 langkah sebelum akhirnya pegangan lagi. Lucunya, Ilan nemuin alat bantu belajar jalannya, yaitu galon aqua :D. Keliling rumah sambil dorong galon hahaha.. seneng banget loh Ilan. Nanti sesekali diparkir dulu galonnya kemudian hap hap hap 3 langkah jalan ke tepi tempat tidur trus naik dan istirahat dulu. Selalu suka manggil2 ayah.. iiiih.. ibu juga dipanggil dong Lan, masa kalo mau ene aja. Ilan juga berhasil melewati perjalanan jauh jabar-jakarta-jatim-jateng-jakarta berturut-turut. Thanks to breastmilk yang bikin Ilan punya daya tahan oke. Giginya tumbuh lagiiiii, jadi sekarang udah ada 7. Ilan yang sebelumnya suka pilih pakaian yang mau dipakai, sekarang malah udah punya beberapa baju favorit. Maunya ituuuuu terus. Baju mobil, baju gajah, baju singa.. pokoknya sekarang setiap mau pakai baju Ilan tanya dulu itu baju apa namanya -_-. Makannya juga mulai membaik, alhamdulillah wa syukurillah *sujud syukur*, tapiiiiii makannya harus sambil titah atau nonton upin ipin dan boboiboy di disney chanel. Makin pintar dan sehat selalu ya Ilaaan.

Menyusui itu praktis!

Arsip Suka-Suka

Salah satu keunggulan menyusui adalah: praktis. Ngga ribet, ngga rempong. Saat Ilan masih bayi kecil, saya bisa menyusui dimanapun kapanpun hanya dengan bermodalkan apron (penutup menyusui). Lama kelamaan Ilan makin pinter dan ngga mau lagi menyusu ditutup apron, apronnya disibak-sibak sambil cekikikan dikira sedang main petak umpet -_-. Beruntung saya berkerudung hwehehe.. sekarang, saya tetap menyusui Ilan kapanpun di manapun hanya bermodalkan kain gendongan. Soalnya kalau ngga digendong Ilan heboh nyusunya, bisa dengan pose-pose mencengangkan :D. Ada juga beberapa ibu yang memilih untuk memberikan ASIP saja saat berpergian. Aiiiiih kalo saya sih teteup dong milih yang praktis, menyusui langsung saja tanpa perlu bawa sendok, botol dan kawan-kawannya. Jadi saat berpergian bawaan saya hanya baju ganti Ilan dan makanan Ilan plus sebotol air putih. So simple right? 🙂

image

menyusui di Mekarsari

 

image

Menyusui di kaki gunung galunggung

Tips menyusui di tempat umum:

  1. Siapkan nursing apron (penutup menyusui)
  2. Pilih tempat yang nyaman, enak sih kalau semua tempat ada nursing room. Tapi kalau ngga ada pilih tempat yang nyaman untuk Ibu dan Bayi. Kalau saya yang nyaman adalah sambil digendong dan jalan-jalan :D. Kalau sambil duduk kliatan mencolok sekali haha..
  3. Sebisa mungkin saat berpergian gunakan pakaian yang ergonomis untuk menyusui, misalnya berkancing depan. Dan tentu saja bra menyusui juga biar ngga ribet buka-bukanya.

Semangat ngASI(p)!

Tips Memperlancar dan Memperbanyak ASI (ala emak Ilan)

Arsip Ibu, Arsip Informasi, Arsip Suka-Suka

Disclaimer : this is based on my experience, so that, maybe work or not for other mom (breastmilk supply is so spesific for each mom)

Saya percaya: setiap ibu, siapapun, tentu ingin memberikan yang paling paling paliiiiiing baik untuk buah hatinya. Salah satunya dalam hal menyusui. Meski menyusui itu sesuatu yang alamiah, ngga sedikit juga lho yang pada akhirnya gagal dan menyerah sebelum 2 tahun. Banyak faktor memang, salah satunya karena kurang paham ilmunya.

Buat saya pribadi, breastfeeding is a mind games! It’s all about our mind. Jadi, yang terpenting adalah menjaga rasa dan pikiran. Paling gampang, kalo kita seneng, rileks dan nyaman, insya Allah asi lancaaaar. Nah, berbekal pedoman mindgame dan cara kerja prolaktin dan oksitoksin, berikut beberapa cara yang pernah saya coba untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas asi #tsaaaah.

Situs Kesehatan Yang Shahih dan Terpercaya

Arsip Suka-Suka
  1. Milis SEHAT (www.milissehat.web.id)
  2. Kementerian Kesehatan RI (www.depkes.go.id)
  3. Ikatan Dokter Anak Indonesia (www.idai.or.id)
  4. Kidshealth (www.kidshealth.org)
  5. Healthychildren (www.healthychildren.org)
  6. Mayo Clinic (www.mayoclinic.org)
  7. World Health Organization (WHO) (www.who.int)
  8. Center for Disease Control and Prevention (CDC) (www.cdc.gov)
  9. The Royal’s Children Hospital Melbourne (RCH) (www.rch.org.au)

Note : will be updated regularly