Dylan : 23-24 Bulan

Arsip Dylan

Paling hits bulan ini: Ilan lulus S3 ASI yeaaaaaaayyyy!!! Nanti ceritanya di postingan sendiri, wajib banget inih. Hahahaha.

Alhamdulillah 2 tahun ini Ilan masih on track perkembangannya. Makin banyak tingkahnya yang lucu seperti pakai baju renang seharian, dianggapnya baju biasa gitu. Terus setiap liat sisir, bawaanya mau dimainin seperti gitar atau biola. Ada videonya yang lucu tapi ngga bisa diupload disini huhuhu 😥

IMG_7760

Ilan pake baju renang seharian 😀

Dylan : 22-23 Bulan

Arsip Dylan

Akhirnya Ilan dinyatakan lulus toilet training untuk pipis. Sekarang Ilan sudah bisa dan lancar ngasih tau kalau mau pipis. Masih kadang ngompol malem hari, tapi kebanyakan sih karena emak & bapaknya Ilan keasikan molor sementara Ilan kusek-kusek ngasih tanda mau pipis -___-”

Ilan kaya mesin recorder yang setiap ada apapun didenger langsung otomatis terekam lalu repeated! Pelafalannya belum lancar, kebanyakan masih ujung-ujungnya aja. Well, keep on learning Lan! Take ur time. Ada sih yang sukanya banding-bandingin kemampuan bahasa Ilan, tapi ah ngga ngaruh yeeeeee!

IMG_5641

Ilan mengagumi diri sendiri di cermin 😀

Dylan : 21-22 Bulan

Arsip Dylan

Bulan ini, saatnya Ilan memulai toilet training. Berawal dari kejadian Ilan terkena roseola. Jadi saat Ilan demam tinggi banget, Ilan lepas diaper. Ternyata setelah sehat dari sakit, Ilan ngga mau lagi pake diaper-nya. Akhirnya diputuskan mulai toilet training.

Awal toilet training, Ilan pipis dimana-mana (ini cerita yang setelah Ilan sehat). Tiga hari kemudian Ilan bisa memberi kode, tapi ngasih kodenya setelah pipis (yeeee… sama aja!). Baru setelah 1 minggu berjalan, Ilan sudah bisa memberi kode ‘mau pipis’. Kami sounding ke Ilan, “Lan, kalo mau pipis bilang yaaaaaa: buuu mau pipis”. Daaan Ilan lapornya malah gini “bok bok” hahaha… beda banget. Mungkin yang diingat bagian ceboknya. Sampai Ilan 22 bulan, sudah cukup oke. Tapi saya belum berani bawa Ilan pergi-pergi dulu. Takut Ilan mau “bok bok” eeeeeeh toiletnya jauh. Idiiiiih emaknya Ilan cemen 😀 .

IMG_5437

Ilan punya botol minum motif Cars baru dengan background rumah berantakan 😀

Dylan : 20-21 Bulan

Arsip Dylan

Menuju 21 bulan, Ilan lagi seru-serunya belajar bicara. Perbendaharaan kan berkembang pesat walaupun masih ujung-ujungnya aja. Ilan udah hafal anggota tubuh dan bisa nunjuk dengan benar.

Dung = hidung
Ta = mata
Nga = telinga
But = rambut
Ngan = tangan
Ki = kaki
Gi = gigi
Sing = alis

Jadiiii, Ilan itu kalo menyebutkan akhiran ‘is’ jadi ‘si’
Alis = sing (harusnya lis)
Baris = sil (harusnya ris)

IMG_5188

Ilan pake kacamuka

Dylan : 19-20 Bulan

Arsip Dylan

Ilan 20 bulan mulai belajar berbagi dan bermain bersama. Ilan juga sudah khatam bab ‘saling melengkapi itu indah’. Dulunya Ilan medit, maunya pinjam mainan teman, tapi pas temannya mau pinjam mainan Ilan, ngga akan dikasih. Lama-lama teman-temannya Ilan jadi males dong mainan bareng Ilan yang medit. Segala puji hanya bagi Allah yang kemudian memberi Ilan hidayah hahaha… Ilan sekarang paham, kalo mau pinjam mainan teman ya harus mau meminjamkan mainan juga dong. Saling melengkapi itu indah kan Lan? 🙂

Entah niru dari mana, Ilan lagi seneng jalan jinjit. Apalagi kalo dialem. Sering dijadiin bahan koreo 😀

“Ilan, maju Lan”
“Munduuuuuur”
“Muter-muteeeeeeer”
“Jinjiiiiit”

image

Ilan jinjit. Harap abaikan jemuran dan gambar yg ngga fokus 😀

Dylan : 18-19 Bulan

Arsip Dylan

Ini bulannya menggambar. Ilan sibuk corat-coret sana sini dan nenteng buku+pensil kemana-mana. Siapapun yang terpilih ditodong gambar oleh Ilan ngga boleh menolak. Gambar yang Ilan suka awalnya mobil dan kendaraan lain yang punya sepeda. Tapi lama-lama Ilan menantang minta digambarin macem-macem. Huhuhuhu.. kalo gambarnya jelek, Ilan minta diulangin T_T #OrtuMenggambarAnakMenilai. Kalo udah apal gambarnya suka ditebak duluan sebelum selesai. Misal gambar jam, karena Ilan udah apal, baru gambar buletan aja udah rusuh nunjuk-nunjuk sambil teriak “djam djam djam!” *ketebak. Kemampuan bahasa Ilan emang lumayan signifikan meningkat di bulan ini. Mulai nambah kosakata meski pelafalannya masih belum fasih. Ibu hepi banget deh Lan liat progress bahasa Ilan, walaupun Ilan kalo nyebutin ‘Ibu’ jadi ‘Ibak’ dan bikin Ibu tengsin karena manggilnya “baaaak, baaaaak” huwaaaaah, nanti Ibu disangka mbak Lan.

image

Dylan : 17-18 Bulan

Arsip Dylan

Children see children do. Ilan sekarang meniru semua. Haduh harus memberi contoh yang baik dan benar :D. Sempet syok pas liat Ilan numpahin air, trus ngambil tisu abis itu ngelap tumpahannya. Nah masalahnya dia ngelap pake kaki, kusek kusek kusek, trus membuang tisu basah ke tong sampah. Mananya yang bikin syok? Ya itu bagian ngelap pake kaki :D. Entah saya atau eyangnya yang kasih contoh, saya juga sering begitu.. ngga nyangka ditiru juga. Sekarang saya jadi grogi kalo mau ngelap, kebayang-bayang itu terus 😀 *trauma.

image

kelakuan 😀

Dylan : 15-16 Bulan

Arsip Dylan

Setelah sebelumnya Ilan dinyatakan bisa jalan (:D), selanjutnya adalah melancarkan jalannya. Tiap saat jalaaaaaaan terus. Ya maklum lagi norak-noraknya hahaha.. Nah, kebisaan baru terkait motorik kasar adalah berdiri sendiri dari duduk tanpa pegangan. Oke, kebanyakan anak memang bangun berdiri sendiri dulu baru kemudian jalan. Tapi kalo Ilan jalan dulu baru lancar berdiri sendiri.

image

Ilan manjat perosotan di Kampoeng Kopi Banaran

image

Ilan melongo

Bulan ini yang progressnya keliatan menonjol adalah kemampuan bahasa Ilan.

Dylan : 14-15 Bulan

Arsip Dylan

Laporan paling heiits bulan ini adalaaaaah: Ilan sudah bisa jalan! Yeaaaay! *tepuk tangan*. Memang sih, masih belum lancar benar. Tapiiiiiiii much better than before. Melewati semua tahap demi tahap, menikmati masa-masa titah, meluaskan hati saat banyak orang mempertanyakan kenapa Ilan belum jalan, yak! Finally, semua berbuah manis ya Lan.

image

Yeaaaaaay Ilan udah bisa jalan!!!!

image

Ilan belajar jalan di Candi Borobudur