Arti Nama

Arsip Cerita, Arsip Ibu

Saya termasuk orang yang percaya bahwa nama adalah doa. Saat kecil terkadang saya iri dengan adik-adik saya yang namanya berasal dari bahasa arab. Jadi saat itu saya pikir doa itu bahasa arab, sehingga nama yang mengandung doa adalah nama yang berasal dari bahasa arab. Padahal setelah saya makin dewasa, tentu saya memahami, sebaik-baik doa adalah yang dimengerti oleh sang pendoa. So, tidak harus berbahasa arab. Abi dan Umi memberi saya nama Putriana Indah Lestari. Putriana itu singkatan Putri Aisyah dan Nasihin Aziz.

Berbeda dengan saya, si Ayah punya nama yang lebih singkat padat dan jelas. Hadiyanto. Hadi artinya yang memimpin, pemberi petunjuk. Sedangkan Yanto artinya pekerjaan yang sempurna, suci, baik dan sopan. Waaah sepertinya doa Bapak dan Mamah (mertua saya) benar-benar tercermin dan terefleksikan pada sifat, karakter dan pembawaan si Ayah 😀 (ayaaaah… bagi goceng sini :P). Uniknya, karena si Ayah cuma punya 1 suku kata nama, jadi kalau perlu last name or family name, namanya diulang 2 kali :D.

Begitu tahu di dalam rahim saya bersemayam buah cinta kami, saya dan si Ayah langsung dooong bercita-cita akan memberikan nama yang baik untuk anak kami kelak. Nama yang mengandung untaian cinta dan doa kami. Kami semangat mencari-cari nama yang akan jadi identitas anak kami seumur hidupnya. Satu hal yang kami sepakati di awal, kami ingin anak kami nanti menyandang nama yang mengandung unsur air. Kami jatuh cinta pada filosofi yang dibawa air, misalnya air tidak dapat dipatahkan, air dapat selalu mencari jalan, air sumber kehidupan, dan banyak lagi. Nah selain itu, kebetulan anak kami nantinya juga akan bershio naga air, jadi pas juga kan. Selain unsur air, kami inginnya ada unsur ilmu dan rizki juga di dalamnya. Nama tidak harus berbahasa arab, tetapi harus 3 suku kata :D. Daaaan setelah berjibaku dengan aplikasi nama dari google play store, buku-buku dan web nama bayi, juga hasil seleksi beberapa calon nama serta mempertimbangkan hasil USG (haha.. lebay bangettttt), beberapa hari sebelum melahirkan kami memutuskan akan memberi nama:

Dylan Dhanurendra Alfarizqi

Kalo dipretelin artinya sebagai berikut:
Dylan : laut, samudera, son of the sea
Dhanu : cahaya, pemberi petunjuk
Rendra : cerdas, beruntung
Alfa : pembuka, pertama, seribu
Rizqi : rizki, nikmat Allah

Naaaah kalo digabungin kurang lebih untaian doa yang terkandung di nama putra kami yaitu: semoga menjadi laki-laki yang berhati dan berilmu seluas samudera, bermanfaat dan dikaruniai rizki yang berlimpah dari Allah SWT. (Aamiiiiin). Kemudian panggilannya adalah Ilan. Ilan artinya anak yang baik.

Jadi, kalau ada yang bilang “apalah arti sebuah nama”, wah! Kalau buat saya berartiiiiii banget. Karena, seperti yang selama ini saya yakini, nama adalah doa.

One thought on “Arti Nama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s